Permainan Anak dari Jakarta

Macam-macam Permainan Anak dari Jakarta:

1. Bentengan. Asal usul permainannya belum diketahui pasti, tetapi diperkirakan berasal dari Jawa Barat. Permainan ini terdiri dari 2 kelompok, masing-masing terdiri minimal 3 orang anak.

2. Andar Undur (artinya maju mundur). Permainan ini berasal dari Kelurahan Tugu, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Jumlah pemain paling sedikit 3 orang.

3. Permainan Kodok-kodokan, dimana ada pemain yang berperan sebagai kodok dan ada yang sebagai pawang kodok. Permainan ini berasal dari Jakarta.

4. Permainan Kukuruyuk Ayam. Dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing ketua kelompok memilih salah satu anggotanya yang menjadi ayam, kedua ayam akan dikeluarkan dari dalam kurungan (sarung) lalu saling mendorong di tengah arena. Permainan ini berasal dari Jakarta.

5. Permainan Dampu Sir. Permainan ini menggunakan pecahan genting atau batu pipih sebagai gaco. Jumlah pemain minimal 2 orang untuk permainan perorangan, untuk beregu minimal 4 orang. Permainan ini dibagi 4 tahap: Tahap 1: menentukan urutan pemain. Tahap 2: merobohkan gaco lawan. Tahap 3: Jalan dingkring, setelah dekat garis merobohkan gaco lawan. Tahap 4: Jalan dingkiring, setela dekat garis melompati gaco lawan. Jika berhasil, dilanjutkan dengan merobohkan gaco lawan dari belakang.

6. Permainan Gelindingan. Ini adalah sebuah permainan kreatif, disebut gelindingan karena bisa menggelinding, baik dengan didorong atau ditarik. Contohnya, mobil-mobilan gelindingan yang dibuat dari kulit jeruk bali, atau dari potongan bambu dan papan.

7. Permainan Gundu Lubang. Menggunakan gundu. Satu gundu dijadikan gaco. Gundu-gundu disentil ke dalam lubang berdiameter 3-4cm dari garis batas berjarak 3-4 m dari lubang. Garis batas adalah sebagai batas untuk melempar gaco.

No comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Teman-teman di sini